HOME
TENTANG BLOG
JADWAL SIARAN BOLA
OUR FANPAGE
PRESTASI
TUTORIAL BLOG
ESTORY
VIDEO
United
3
2
AS Roma
SKOR AKHIR

DALAM PERBAIKAN

6 langkah permainan ala iniesta

Red Mercenary | , 15.46 |
Andres iniesta

Bintang Juara Piala Dunia 2010 ini membeberkan enam langkah untuk menguasai permainan, dari operan akurat hingga upaya mengecoh lawan.

1. Menerima Bola ( Perhatikan Sekeliling Anda)
Sebelum menerima bola, saya langsung melihat kepada siapa saya bisa mengoper. Anda mesti selalu tahu siapa yang ada disekitar anda. Jika anda merasa mereka hendak menekan, pindahkan bola menjauhi mereka. Anda mesti bergerak untuk memiliki ruang untuk mengoper. Semakin luas ruang yang anda punya, semakin banyak waktu yang anda miliki untuk berpikir. Jangan menggerakkan bola ke arah lawan. Karena itulah, kadang saya suka berlari kearah lawan dan menahan bola didepannya. Dengan begitu saya membuat rekan-rekan setim bergerak maju.

2. Mengoper Bola (Ambil Keputusan Tepat Pada Saat yang Pas)
Setiap operan penting. Operan buruk akan membuat kita kehilangan bola dan tim akan tertekan. Operan-operan pendek akan menciptakan momentum dan jika anda menguasai bola, lawan tak bisa melakukan apapun. Pilih waktu yang tepat untuk melepas umpan maut. Jika butuh gol, anda mesti mencari ruang untuk melepas operan. Jika sedang unggul, kuasai bola dan bermainlah lebih aman. Karena kami bermain bersama cukup lama dalam satu system, semua tahu harus bergerak kemana. Mengetahui posisi Xavi atau Messi membuat tugas saya lebih mudah.

3. Berpikir Lebih Dulu ( Tetap Waspada Saat Menerima Bola )
Jika memikirkan arah bola lebih dulu dari lawan, tentu anda mempunyai keuntungan. Jika berpikir saat menguasai bola, anda akan kehilangan bola. Pemain-pemain terhebat adalah pemikir tercepat. Kemana rekan setim akan berlari? Akankah dia terperangkap off-side? Siapa yang punya ruang? Siapa yang mencari bola? Operan bagaimana yang mereka inginkan—ke kaki atau didepan? Anda mungkin pengoper bola paling hebat sejagat, tetapi jika rekan-rekan setim tak berdiri di posisi yang tepat, semua jadi percuma.

4. Pancing Pelanggaran ( Buatlah Lawan Bingung )
Buat lawan berpikir anda akan bergerak ke satu arah, lalu bergeraklah ke arah lain. Buat dia bingung. Saat lawan menguasai bola, langsung tekan. Tekan sebelum dia punya waktu untuk merancang serangan. Satu lagi: serangan lawan telah gagal, jangan buang waktu dengan buru-buru naik. Anda akan sangat berguna bagi tim sebagai pemain bertahan jika serangan lawan dating lagi. Anda juga dapat naik secara perlahan dan siap menembak jika bola kembali kearah anda.

5. Menghadapi Pemain Besar ( Mainkan Bola Bawah dengan Cepat )
Jika melawan pemain bertubuh besar, saya memainkan bola cepat menyusur tanah. Memainkan bola satu-dua dengan cepat juga efektif karena para pemain besar lebih lambat bereaksi dan berputar. Saya selalu menjaga jarak dari mereka jadi saya dapat berbelok cepat dan kami tak mengejar bola yang sama. Saya hanya 63 kilo jadi tak punya banyak beban untuk dibawa berlari. Jika anda dapat membuat bola melewati mereka beberapa kali dengan sentuhan satu-dua, mereka akan enggan merengsek dan menekel, jadi anda punya lebih banyak ruang bermain. Para pemain Barca kecil, jadi kami menggunakan ukuran tubuh kami dengan baik. Saya senang mengambil sepak pojok, tak hanya karena saya sulit memenangi bola atas.


6. Menembak Dari Jauh ( Tetap Waspada Mencari Ruang )
Saya bukan pencetak gol alami, tetapi jika melihat celah saya akan menembak. Saya menembak jika saya pikir saya dapat mencetak gol. Saya akan mengincar bagian gawang paling sulit untuk si penjaga gawang. Itu yang saya lakukan di final Piala Dunia—tiang dekat. Melawan Chelsea juga ( semi final Champions League 2009 ) karena saya melihat ruang di antara kerumunan para pemain. Pemain-pemain lawan yang menghadang membuat upaya itu jadi lebih sulit—tak hanya untuk saya, tetapi juga untuk kiper, karena mereka tidak dapat melihat dengan jelas. Jika ada seseorang di posisi yang lebih baik, saya akan memberikan bola kepadanya. Jadi anda harus terus tahu siapa yang ada di sekeliling anda dan tahu juga posisi mereka.
(sibokpblogs)


Semoga kamu bisa terinspirasi...
Semua Artikel >>

TINGGALKAN KOMENTAR
6 langkah permainan ala iniesta

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar